KOMBEL IPA CEMPAKA SMP LAKSANAKAN ADVOKASI IKM - MKKS SMP KAPUAS

MKKS SMP KAPUAS

Website Resmi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Se Kabupaten Kapuas

RUN TEKS

"- Tabe Salamat Lingu Nalantai, Salam Sujud Karendem Malempang _ Selamat Bertemu, Semoga Dalam Keadaan Bahagia- " :

Sabtu, 14 September 2024

KOMBEL IPA CEMPAKA SMP LAKSANAKAN ADVOKASI IKM

 


KUALA KAPUAS, Kegiatan Advokasi Implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan di Aula SMPN 2 Selat pada Jumat (13/09/2024). Kegiatan Advokasi yang diinisiasi oleh Komunitas Belajar IPA Cempaka tersebut diikuti oleh anggota Kombel IPA, sejumlah pengurus MGMP dan sejumlah pengurus MKKS SMP Kabupaten Kapuas.

Sebagai narasumber kegiatan Wayan Sindra, S.Pd, M.Pd yang baru mendapatkan materi dimaksud dari pelatihan di Jakarta beberapa saat yang lalu.

“ Kegiatan advokasi implementasi kurikulum merdeka bertujuan untuk menguatkan pemahaman tentang kebijakan Kurikulum Merdeka dan optimalisasi komunitas belajar di tingkat satuan Pendidikan “ ungkap Wayan Sindra yang juga sebagai Ketua MKKS SMP dan Dewan Pembina MGMP IPA Cempaka SMP.

Ditambahkannya bahwa banyaknya komunitas belajar di setiap satuan pendidikan haruslah berfocus pada pembelajaran murid dan peningkatan kompetensi GTK.

Dijelaskannya pula tentang perubahan istilah KSOP menjadi KSP. KOSP dan KSP adalah dua istilah yang berkaitan dengan kurikulum di sekolah, yaitu Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP).

KOSP adalah kurikulum merdeka di tingkat satuan pendidikan yang menjadi pedoman dalam menyelenggarakan pembelajaran. KOSP memuat rencana proses belajar yang disesuaikan dengan keadaan sebenarnya. KOSP menjadi acuan dalam menjalankan proses pembelajaran di sekolah. 

KSP adalah dokumen penting yang menjadi acuan dalam proses pembelajaran di sekolah. KSP dikembangkan dengan melibatkan berbagai pihak, seperti Komite  Sekolah, Dinas  Pendidikan, Kementerian Agama, dan masyarakat.